blog-indonesia.com

Selasa, 22 Maret 2011

Jantan apa Betina???

Sebelum memulai beternak Lovebird, kita harus bisa membedakan terlebih dahulu antara Lovebird jantan dengan Lovebird betina. Menentukan jenis kelamin untuk burung lovebird memang susah-susah gampang dan banyak yang salah dalam menentukan jenis kelaminnya seorang peternak sekalipun. Menentukan jenis kelamin Lovebird kalau dilihat dari tulang supit tidak semua orang bisa hanya orang-orang tertentu saja, saya pun belum bisa menentukan betina atau jantan dari tulang supit masih sering salah.

Ciri-ciri Lovebird dari tulang supit dengan meraba kedua tulang supitnya yang terletak di bawah duburnya jika:
Jantan
Tulang supitnya keras, lancip, rapat dan tulang supit lebih tinggi dari tulang iga bawah.
Jantan kadang juga ada yang supitnya renggang

Betina
Tulang supitnya lunak, lebar, tumpul dan tulang iga bawahnya lebih tinggi dari tulang supitnya.
Betina juga kalau belum masuk masa birahi supitnya sempit

Berikut ini ciri-ciri lovebird kalau dilihat dari Postur Tubuhnya:
Jantan
- Bentuk badan lebih ramping 
- Bentuk paruh lebih pipih
- Kepala dan leher simetris atau datar
- Bagian dada dan cara berdiri cendrung tegak
Betina
- Bentuk badan lebih besar
- Bentuk paruh melebar
- Terlihat sepeti tidak punya leher atau bentek
- Dada terlihat lebih lebar
- Kalau berdiri lebih ndeprok atau mengangkang
- Pada masa birahi pantatnya melengkung seperti bebek
- Jika bertelur pantanya ngantung
 
Dari dua kategori dalam penentuan jenis kelamin lovebird dari tulang supit atau betuk fisik akan lebih akurat bila lovebird berusia diatas 4 bulan. 
Dari pengalaman saya ketika usia masih 2 atau 3 bulan ketika diraba tulang supitnya rapat dan badan ramping itu di katagorikan jantan dan ketika usia diatas 4 bulan kadang tulang supitnya bisa renggang dan bentuk tubuh jadi mengembang dan ternyata betina,  hemm.......
 


Ada juga yang menentukan jenis kelamin Lovebird dengan PENDULUM, yaitu proses penentuan jenis kelamin dengan menggunakan benang dan bandul. Panjang benang kurang lebih 20 - 30cm, untuk bandulannya digunakan macam-macam benda tapi ada yang bilang pakai logam mulia seperti cicin  agar lebih akurat katanya. 



Caranya kurang lebih seperti ini : 
  1. Pikiran kita harus rileks, santai (jangan berpikir jenis kelaminnya).
  2. Tangan kiri pegang burungnya tangan kanan pegang benangnya atau sebaliknya terserah anda.
  3. Letakan bandul diatas kepala Lb, jarak bandul dan kepala Lb kurang lebih 2cm bisa kurang bisa lebih disesuaikan saja.
  4. Bila bandul berputar berarti Betina, jika maju mundur berarti Jantan

PENTING: 
Buang jauh-jauh keinginan kita bahwa jenis kelamin Lovebird yang kita pendulum itu jantan atau betina, karena kalau kita sudah memponis jenis kelaminnya maka bandul pendulum akan bergerak sesuai dengan keinginan kita. Bila kita menginginkan BETINA maka bandul akan bergerak berputar, jika kita menginginkan JANTAN maka bandul akan bergerak maju mundur kalau sudah seperti itu pusing gak tuh, kalo ga percaya coba aja gratis kok heheheee.......

Jika sepasang lovebird belum produksi sebaiknya diperhatikan ketika kawin apakah kawinnya bergantian?? Jika kawinnya bergantian biasanya jenisnya laki-laki semua, tapi tidak semuanya ada juga yang jantan betina juga hehehee....... bingung ya??? sama dengan saya

Demikian kira-kira dalam menentukan jenis kelamin Lovebird selamat mencoba semoga bermanfaat. Segala kesalahan dalam menentukan jantan dan betina ditanggung anda sendiri.

1 komentar:

  1. om, mau tanya, kalo lb jantan apa juga mau angkut2 sarang, dan ngleper2 gitu??makasi sebelmunya

    BalasHapus